Diantara berbagai macam rotary vacuum pump, mungkin jenis rotary plunger tidak terlalu mudah untuk ditemui di Indonesia. Model ini kalah populer dibandingkan dengan rotary vane pump karena berbagai sebab. Dibandingkan rotary vane pump, jenis rotary plunger memiliki dimensi lebih besar, massa yang lebih berat dan konsumsi energi listrik yang tidak terlalu efisien. Selain itu jenis pompa ini sangat jarang yang menggunakan pendingin udara, kecuali model yang paling kecil, sehingga harus dihubungkan dengan water line. Vacuum pump jenis rotary plunger sebenarnya sudah cukup lama ada, dan selama bertahun-tahun tidak mengalami perubahan desain yang berarti. Akan tetapi vacuum pump ini tetap eksis di pasaran dan memiliki konsumen yang setia. Hal ini menunjukkan bahwa secara desain, rotary plunger pump adalah model yang sangat sukses!

   

Ulvac memiliki line up rotary plunger pump yang sangat melegenda, yaitu PKS series. Line up PKS series biasanya banyak ditemui di proses yang cukup ekstrim, seperti di proses vacuum heat treatment, degassing trafo/transformer, maupun di proses vacuum yang banyak terdapat debu atau partikel. Lantas mengapa PKS series banyak ditemukan pada proses-proses ekstrim tersebut?                 

 

Jawabannya adalah pada mekanisme rotary plunger yang terdapat pada PKS series. Mekanisme tersebut terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap lingkungan yang panas, maupun terhadap partikel debu. Vacuum pump jenis lain sangat berisiko mengalami kerusakan yang fatal jika dioperasikan pada kondisi-kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan vacuum pump sejenis rotary vane pump berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan memiliki toleransi machining yang sangat ketat. Partikel debu dalam jumlah sedikit saja, atau pun kualitas oli yang menurun karena panas, dapat menyebabkan vane macet. Pada beberapa kasus, vane pompa bisa patah atau vacuum chamber pompa dapat tergores.

Selain itu PKS series juga memiliki coating khusus pada bagian dalamnya, yang meningkatkan ketahanan terhadap abrasi. Segala keunggulan tersebut menjelaskan mengapa oil rotary plunger pump seperti PKS series masih akan terus ada sampai bertahun-tahun ke depan.