DEFINISI VACUUM 

 Vacuum bukanlah suatu kondisi tanpa Udara sama sekali. Definisi vacuum merupakan suatu kondisi Udara atau gas di suatu situasi lingkungan tertentu dimana tekanan Udara dibawah tekanan atmosfir.  Nilai tekanan atmosfir adalah sekitar  100.000 Pa = 10E+5, ini merupakan kondisi tekanan dimana kita hidup sehari-hari. Kondisi vakum juga dapat dilihat dari sudut pandang fisik, artinya perbedaan jumlah molekul dalam kubik yang sama.

 

Dalam kondisi vacuum, fenomena unik terjadi. Fenomena-fenomena ini digunakan untuk berbagai macam produk disekitar kita yang dimana membutuhkan Teknik vacuum, seperti pengurangan molecular gas seperti oksigen yang berdampak pada tidak adanya pertukaran panas , sehingga efek yang terjadi adalah penurunan titik didih. 



PERFORMA VACUUM ANDA TURUN ? CARI TAHU PENYEBABNYA

Saat kita memutuskan untuk membeli vacuum pump, tentu saja kita mengharapkan vacuum pump tersebut bisa beroperasi dengan baik untuk waktu yang lama. 3 tahun, 5 tahun, atau bahkan 10 tahun. Namun mengapa dalam waktu 2 tahun, masalah mulai terjadi pada vacuum pump yang anda miliki ? seperti muncul suara abnormal dari vacuum pump anda atau bahkan sulit untuk mencapai tekanan vacuum yang diinginkan. Jadi pertanyaannya adalah, apakah saya membeli brand vacuum pump yang salah dan harus menggantinya dengan yang baru ?  Tunggu dulu, sebelum kita menyalahkan produsen vacuum pump tersebut, sebaiknya cek kembali kapan terakhir kali anda melakukan perawatan berkala pada vacuum pump anda.  

Pengecekan berkala atau regular mainantainance vacuum pump merupakan hal yang sangat penting karena bila kita menghiraukannya, masalah / kerusakan sangat mungkin terjadi. 

Masalah yang akan timbul :

Ø  Consumable parts (bearing, grase) akan rusak 

Ø  Mungkin sudah terjadi kerusakan pada vacuum pump 

Ø  Kontaminasi didalam vacuum pump menjadi mengendap

 

Tergantung dari kondisi penggunaan, setiap vacuum pump membutuhkan perawatan sekalipun kurang dari satu tahun apabila ada masalah terjadi.  Disamping itu, perawatan secara berkala bisa untuk menghindari pengeluaran uang dalam jumlah yang banyak untuk service atau repair vacuum pump, dikarenakan banyak parts yang telah rusak.  Jadi mulai sekarang , sebaiknya anda mulai memprioritaskan perawatan vacuum pump ULVAC anda secara berkala. 



Vacuum Freeze Drying Solusi Untuk Masalah Food Waste Di Indonesia

“Pernahkah kita membayangkan apa yang dikonsumsi oleh astronot saat mereka ada diluar angkasa?  Jawabannya adalah makanan kering dari teknologi freeze drying !”

Di masa sebelumnya  proses freeze drying pertama kali diaplikasikan untuk produk makanan dengan tujuan untuk memperpanjang masa simpannya tanpa membutuhkan pendingin.  Kopi merupakan salah satu produk pertama yang diproduksi dengan menggunakan teknologi freeze drying. Selain kopi, semakin banyak produk makanan atau minuman yang yang menggunakan teknologi freeze drying, seperti sayur, buah , daging, ikan , produk olahan susu, herbal dan perasa makanan sukses menggunakan teknologi freeze drying. 

Beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa itu proses beku kering atau biasa disebut freeze drying. Freeze drying merupakan proses yang biasa disebut liofilisasi untuk menurunkan temperature produk dibawah titik beku, dan setelah itu tekanan vacuum yang tinggi diaplikasikan untuk mengekstrasi kandungan air dalam bentuk uap. Uap tersebut terkumpul dalam suatu condenser, kembali menjadi es dan dihilangkan. Pada akhirnya, kenaikan temperature secara bertahap mengekstrasi semua sisa uap air yang terikat dalam suatu produk. Proses ini mempertahankan struktur fisik produk makanan tersebut dan mempertahankannya untuk di hidrasi ulang di kemudian hari. 

 

 

Lalu apa keterkaitan mesin vacuum freeze drying dengan masalah food waste ? Belakangan ini masalah food waste menjadi salah satu issue yang mendapatkan perhatian cukup besar dari banyak organisasi diseluruh dunia. Banyak cara yang layak untuk dicoba dalam rangka menyelesaikan masalah food waste. Menurut data yang didapat dari beberapa media, di Indonesia terdapat sekitar 13 juta ton / tahun makanan yang terbuang. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan masih banyaknya orang miskin yang kelaparan di Indonesia. Indonesia adalah produsen yang cukup besar untuk buah-buah tropis namun hanya karena kita tidak memiliki teknologi yang cukup maju dan rantai pendingin yang belum bias dikatakan  ideal untuk menjaga kesegaran, buah-buahan tersebut tidak bias di jual di local maupun export. Dan pada akhirnya yang terjadi adalah buah-buahan tersebut berakhir ditempat sampah. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, teknologi freeze drying memiliki peran yang penting untuk membuat buah-buahan atau bahkan makanan lainnya dapat di export ke negara lain. Dengan teknologi freeze drying, makanan dapat dikeringkan pada suhu yang sangat rendah tanpa merusak penampilan fisiknya. Dan sebagai tambahan, tanpa dukungan lemari pendingin dan selama dikemas secara rapat, buah kering atau makanan kering lainnya dapat disimpan dalam waktu yang lama. 

 

                                              

 

ULVAC sebagai pemimpin di bidang teknologi vacuum sejak tahun 1952 menyediakan mesin vacuum freeze drying dengan kualiats terbaik yang dimana sesuai untuk banyak jenis industry seperti industry makanan, R&D, farmasi dan industry lainnya yang membutuhkan teknik pengeringan beku. 

ULVAC tidak hanya sebatas menyediakan mesin vacuum freeze drying, namun ULVAC juga menyediakan field support service yang dimana akan sangat dibutuhkan oleh para konsumen yang ada di Indonesia. 



Mengenal Lebih Dekat Teknologi Vacuum Coating

Berbagai macam industri di dunia ini membutuhkan proses coating, mulai dari otomotif, cutting tool, flexible packaging dan masih banyak lagi. Banyaknya kebutuhan akan proses coating diikuti dengan banyaknya pelaku industri yang membutuhkan mesin coating pada proses produksinya. Sejauh ini ada banyak tipe coating seperti varnish, laminating, UV coating dan masih banyak lagi. Namun di artikel ini, ULVAC akan mencoba memberikan ada informasi mengenai vacuum coating.

Proses vacuum coating menggunakan teknologi vakum untuk menciptakan kondisi tekanan sub-atmospheric dan yang berhubungan dengan atom atau sumber uap yang terkondensasi untuk menyimpan lapisan film yang tipis. Sumber uap mungkin dari permukaan padat atau cair (Physical Vapor Deposition – PVD), atau dari sebuah dari prekursor uap kimia (Chemical Vapor Deposition – CVD).

Vacuum atau kondisi vakum memiliki peran yang sangat penting dibanyak operasi proses coating pada logam, plastic atau kaca yang tersimpan dalam bentuk uap.  Dalam beberapa kasus proses ini tidak memungkinkan untuk dilakukan jika bukan dalam kondisi vakum. Kondisi vacuum yang menengah atau tinggi diaplikasikan pada chamber dan di evakuasi pada awal proses, setelah gas reaksi diekstraksi atau bahan baku padat yang menguap.

Semua proses ini memiliki persyaratan yang umum yaitu kondisi vakum yang sepenuhnya dapat diandalkan dan juga chamber yang cocok dengan proses coating.  Operasi proses coating semacam itu dilakukan untuk mengubah karakterisik permukaan material,seperti kekerasan atau ketahanan terhadap korosi. Vacuum coating dapat juga digunakan untuk memperbaiki kualitas kerekatan pada material. 

Tekonlogi mesin vacuum ULVAC dibuat untuk memenuhi semua jenis kebutuhan proses coating. ULVAC Metallization Vacuum Coating System EWA Series bisa digunakan atau diaplikasikan untuk produk-produk manufaktur seperti material packaging, kapasitor dan pita magnetic. 

                                     ULVAC Metallization Vacuum Coating Machine (Roll Coater) EWA Series

Selain EWA Series, ULVAC juga menyediakan vacuum evaporation system yaitu EBA Series. Mesin ini adalah batch type vapor deposition yang diperuntukan untuk membentuk  lapisan film tipis aluminium dan lapisan film tipis silikon oksida (SiOx) sebagai film pelindung. Mesin ini sesuai untuk pembuatan reflector lampu depan pada industri otomotif dan barang-barang dekoratif seperti kemasan kosmetik.

          ULVAC Vacuum Evaporation System (EBA Series)

Mesin vacuum coating ULVAC adalah pilihan yang tepat untuk mendukung proses produksi anda para pelaku bidang vacuum coating, yang dimana mesin kami didukung oleh teknologi ULVAC yang telah memiliki pengalaman panjang dibidang vacuum pump sejak tahun 1952. 



Hal Yang Unik Pada Kondisi Vakum

Vacuum dalam keseharian adalah suatu kondisi dimana jumlah molekul udara lebih sedikit dibandingkan dengan atmosfer di sekitar kita, atau secara teknis adalah dimana tekanan udara berada di bawah 1 atm. Ternyata banyak hal-hal menarik yang terjadi pada kondisi ini. Pada tahun 1654, Otto von Guericke melakukan eksperimen dengan bola Magdeburg, yang terdiri dari dua belah kubah terpisah. Kedua kubah tersebut disatukan, kemudian udara didalam bola dikeluarkan oleh semacam vacuum pump sederhana. Kedua belah kubah yang disatukan tersebut tidak bisa dipisahkan oleh 16 ekor kuda! Sedikitnya molekul gas juga mengurangi hambatan yang disebabkan oleh udara. Bila kita menjatuhkan sehelai kertas dan sebuah bola bowling pada kondisi vacuum, maka kedua benda tersebut akan berhenti pada waktu yang sama.

 

 

Dalam vacuum, sebuah partikel dapat menempuh jarak lebih jauh sebelum bertabrakan dengan partikel gas. Hal ini memiliki banyak manfaat di bidang riset dan teknologi, dan tentu saja di dunia manufaktur yang membuat barang-barang yang kita gunakan setiap hari. Vacuum dapat digunakan untuk membuat benda mulai dari plastik untuk bungkus makanan, reflektor lampu mobil kita, hingga display yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini. Tentu ada juga aplikasi vacuum yang lebih eksotis, seperti yang terdapat pada akselerator partikel maupun Large Hadron Collider. Kita akan membahas aplikasi tersebut pada artikel yang lainnya.



Mengapa Gas Helium Terkenal Sebagai Gas Pendeteksi Kebocoran ?

Apakah anda pernah mendengar bahwa salah satu perusahaan operator penyedia air minum untuk wilayah Jakarta memiliki masalah untuk mengurangi angka NRW (Non Revenue Water) ? Berbagai teknologi dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada banyak factor yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah kebocoran pada pipa transmisi dan distribusi. Salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan menginjeksi atau memasukan gas helium kedalam pipa tersebut. Jika gas helium keluar dari dalam pipa hal tersebut mengisyaratkan bahwa ada terjadi kebocoran. Disamping itu, jika anda pernah melihat proses pembuatan tangki gas atau cryo tank, operator akan menyemprotkan gas helim kedalam tangki dan melakukan pengecekan kebocoran.  

Lalu mengapa gas helium yang digunakan untuk pengecekan kebocoran? Salah satu alasannya adalah tingkat kemurnian gas helium dikontrol dengan sangat detail dan menggunakan banyak alat analisis. Helium tidak memiliki warna, tidak berbau, tidak memiliki rasa, tidak beracun dan juga memiliki titik didih dan titik beku terendah bila dibandingkan dengan zat lain. Selain itu juga helium juga lebih ringan dari udara. Untuk beberapa industry yang dimana memiliki standard tinggi untuk produknya, dan beberapa dari mereka juga memiliki regulasi untuk vendornya untuk menggunakan helium dalam metode pengecekan kebocorannya. Beberapa industri tersebut diantaranya industry automotive, air conditioner, elektronik dan masih banyak lagi. 

Lalu pertanyaan lainnya adalah, bagaimana cara menemukan letak kebocorannya ? Tentu saja untuk hal ini kita membutuhkan produk yang dapat mencari letak kebocorannya. Sebagai perusahaan teknologi vacuum yang terdepan, ULVAC menyediakan Helium Leak Detector untuk memberikan solusi untuk anda yang membutuhkan alat pengecek kebocoran. 

Apa itu ULVAC Heliot 900 series ? ULVAC Heliot 900 series merupakan Helium Leak Detector yang memiliki yang mampu memompa helium dengan pumping speed paling tinggi dipasaran. Dibuat dengan design yang compact yang dilengkapi dengan wireless tablet controller yang mudah digunakan. Dapat digunakan dengan sniffer mode atau dapat dihubungkan ke PLC Sistem dan dapat digunakan sebagai bagian dari system pengecekan kebocoran.                             

Lalu apa yang ULVAC Helium Leak Detector “Heliot 900 series” dapat tawarkan untuk anda ?

1.       Heliot 900 series memiliki kecepatan pumping speed tinggi yaitu pada 5L/sec pada ultra flow mode. Hal ini dapat mempersingkat waktu untuk background helium untuk drop. Khususnya pada saat pengecekan kebocoran yang sangat kecil. Sensitivitas meningkat ketika pengecekan kebocoran selesai dengan diferensial pumping system. 

2.       Display yang eye friendly, pengoperasian yang simple dan touch screen yang jernih.

3.       Akses panel maintainance yang mudah untuk di lepaskan tanpa peralata. Konfigurasi internal yang dirancang dengan ruang terbuka ditujukan untuk kemudahahan pemeliharaan. 

4.       Dan masih banyak keuntungan lainnya.

 


Tipe Vacuum Pump Apa Yang Saya Butuhkan, Dry Vacuum Pump atau Oil Vacuum Pump ?

Industri di Indonesia terus berkembang dengan banyaknya teknik produksi dan penerapan teknologi baru yang terus berkembang . Kondisi ini diikuti dengan banyaknya produsen vacuum pump  memproduksi berbagai tipe vacuum pump (pompa vakum) yang dapat diaplikasikan untuk berbagai industri.  Namun pernahkah anda berpikir mengapa sebagian industry memilih dry vacuum pump dan sebagian lainnya memilih oil vacuum pump dalam proses produksinya? Yang mana yang memiliki lebih banyak keuntungan dari sisi performa dan biaya maintainance ? Artikel ini akan membantu anda menemukan jawabannya 

 

Oil Rotary Vacuum Pump

Oil Vacuum Pump atau juga biasa disebut dengan Oil Rotary Vacuum Pump merupakan vacuum pump yang dapat diandalkan selama perawatannya selalu dilakukan dengan rutin atau dapat dikatakan mekanisme dari Oil Rotary Vacuum Pump cukup sederhana.  Oil Rotary Vacuum Pump memiliki performa yang baik untuk memproses dari atmosfir ke basic pressures dan vacuum pump ini cenderung memiliki nilai investasi awal yang tidak terlalu tinggi. Namun disisi lain, oil rotary vacuum pump memerlukan penggantian oli secara berkala, tergantung dari frekuensi pemakaian vacuum pump tersebut. Disamping itu juga, untuk beberapa proses yang membutuhkan proses yang bersih, kehadiran oli pada Oil Rotary Vacuum Pump dapat mengkontaminasi hasil akhir produk anda. Dan juga oli bekas pakai anda perlu dipikirkan penanganannya sehingga tidak memiliki dampak negative pada lingkungan. ULVAC menyediakan banyak pilihan bagi anda yang membutuhkan Oil Rotary Vacuum Pump seperti VD Series, VS Series, PVD Series dan PKS Series yang dimana tidak perlu diragukan dari sisi performanya. https://www.ulvac.co.id/oil-rotary-vacuum-pump/

 

Dry Vacuum Pump

Berbeda dengan oil rotary vacuum pump, tipe vacuum pump apa yang sesuai untuk menghindari kontaminasi oli pada proses produksinya, seperti industry chemical, farmasi, semiconductor dan coatings ? Dry Vacuum Pump merupakan solusinya. Dry vacuum pump memiliki performa yang baik, dapat diandalkan, tidak mengkontaminasi produk dan yang terpenting adalah tidak diperlukannya penggantian oli. Namun sisi lain dari Dry Vacuum Pump adalah harga investasi awal yang cukup tinggi dan dari sisi maintainance / perawatannya, harga dari sparepartsnya cenderung cukup mahal. Di samping itu juga, beberapa model dry vacuum pump membutuhkan air sebagai media pendingin.  ULVAC memiliki banyak pilihan model dry vacuum pump seperti LR Series, HR/UR Series, LS Series, CR Series, GR Series and RS Serieshttps://www.ulvac.co.id/551-2/

 

Jadi sudahkah anda memutuskan tipe vacuum pump apa yang sesuai dengan kebutuhan anda ? 

Jika anda tertarik dengan produk vacuum pump ULVAC dan membuthkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami via email di sales@ulvac.co.id atau kunjungi website kami di www.ulvac.co.id

 


 

BAGAIMANA MEMBUAT INDUSTRI ESSENTIAL OIL SEMAKIN BESAR ?

 

“Indonesia merupakan salah satu negara yang diberkati dan seluruh rakyat Indonesia harus bangga untuk itu”

Saya rasa kalimat “diberkati” sangat sesuai untuk Indonesia. Sebagai negara agrikultur, Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. Dengan iklim tropis dan kondisi lahan yang tersedia, banyak jenis tumbuhan dapat berkembang secara sempurna di lahan Indonesia. Oleh karena itu, agrikultur memiliki peranan yang penting dalam sektor ekonomi di Indonesia. Indonesia sebagai produsen essential oil nomor 2 terbesar di Indonesia memiliki banyak jenis essential oil seperti minyak kayu manis, minyak akar wangi, minyak cendana, minyak nilam, minyak kenanga, minyak pala, minyak cengkeh, minyak kayu putih, dan banyak lagi.

Namun pertanyaannya adalah, mengapa sebagai produsen kedua terbesar untuk essential oil, untuk harga pasaran masih di kendalikan oleh negara lain? dan yang lebih tragisnya lagi adalah essential oils yang dimana sebagai bahan utama dari parfume namun Indonesia masih harus mengimpor parfum dari negara lain ? Salah satu dari beberapa kesulitan yang dihadapi diantaranya masih banyak petani di Indonesia yang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pengaplikasian proses agrikultur dan tidak didukung oleh proses manufaktur yang baik. Oleh karena itu untuk meningkatkan milai dari bisnis essential oil, Indonesia harus selalu melakukan inovasi. Inovasi ini tentunya membutuhkan dukungan dari pemerintah. Salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan salah satunya pelatihan kepada petani. Disamping itu juga implementasi dari teknologi terbaru dapat membuat kualitas produksi dari essential oils menjadi semakin baik dan kelak akan mendapatkan pengakuan dari negara lain .

Jika kita berbicara mengenai teknologi, Vacuum Distillation atau biasa disebut dengan  distilasi vakum dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan essential oils dengan kualitas terbaik. Vacuum Distillation atau distilasi vakum adalah sebuah metode  penyulingan yang dilakukan di bawah tekanan rendah, yang menurunkan titik didih sebagian besar cairan. Seperti halnya distilasi, teknik ini memisahkan senyawa berdasarkan perbedaan titik didih. Menurut salah satu jurnal Indonesia, distilasi vakum digunakan untuk meningkatkan kualitas aroma minyak atsiri atau essential oils. Keuntungan dari distilasi vakum tidak menghasilkan dekomposisi komponen minyak atsiri  sehingga kualitas hasil yang dihasilkan akan lebih baik.

ULVAC sebagai ahli dibidang vacuum technology sejak tahun 1952, kami menyediakan anda Vacuum Distilation / distilasi vakum yang sesuai untuk anda para para penghasil high grade essential oils. 

 

Picture : ULVAC Vacuum Distillation CEH-400B

 

Sistem distilasi vakum sentrifugal CEH-400B dikembangkan menjadi unit vakum distilasi (Vacuum Distillation) skala kecil yang mampu memproses berbagai produk dengan tingkat produksi yang lebih kecil di lingkungan manufaktur. Ini memungkinkan pemrosesan dalam lot kecil, dengan fungsionalitas yang lebih baik untuk beberapa jenis produksi dengan satu sistem. Pemrosesan dapat dilakukan secara instan pada suhu yang relatif rendah dalam ruang hampa udara , meminimalkan penurunan kualitas dari essential oils tersebut akibat temperature panas yang tinggi.

Jadi apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami yaitu Vacuum Distillaton (Distilasi Vakum), dapat menghubungi kami di sales@ulvac.co.id atau kunjungi website kami di www.ulvac.co.id