Picture : ULVAC Vacuum Distillation CEH-400B

 

“Indonesia merupakan salah satu negara yang diberkati dan seluruh rakyat Indonesia harus bangga untuk itu”

Saya rasa kalimat “diberkati” sangat sesuai untuk Indonesia. Sebagai negara agrikultur, Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. Dengan iklim tropis dan kondisi lahan yang tersedia, banyak jenis tumbuhan dapat berkembang secara sempurna di lahan Indonesia. Oleh karena itu, agrikultur memiliki peranan yang penting dalam sektor ekonomi di Indonesia. Indonesia sebagai produsen essential oil nomor 2 terbesar di Indonesia memiliki banyak jenis essential oil seperti minyak kayu manis, minyak akar wangi, minyak cendana, minyak nilam, minyak kenanga, minyak pala, minyak cengkeh, minyak kayu putih, dan banyak lagi.

Namun pertanyaannya adalah, mengapa sebagai produsen kedua terbesar untuk essential oil, untuk harga pasaran masih di kendalikan oleh negara lain? dan yang lebih tragisnya lagi adalah essential oils yang dimana sebagai bahan utama dari parfume namun Indonesia masih harus mengimpor parfum dari negara lain ? Salah satu dari beberapa kesulitan yang dihadapi diantaranya masih banyak petani di Indonesia yang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pengaplikasian proses agrikultur dan tidak didukung oleh proses manufaktur yang baik. Oleh karena itu untuk meningkatkan milai dari bisnis essential oil, Indonesia harus selalu melakukan inovasi. Inovasi ini tentunya membutuhkan dukungan dari pemerintah. Salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan salah satunya pelatihan kepada petani. Disamping itu juga implementasi dari teknologi terbaru dapat membuat kualitas produksi dari essential oils menjadi semakin baik dan kelak akan mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Jika kita berbicara mengenai teknologi, Vacuum Distillation atau biasa disebut dengan  distilasi vakum dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan essential oils dengan kualitas terbaik. Vacuum Distillation atau distilasi vakum adalah sebuah metode  penyulingan yang dilakukan di bawah tekanan rendah, yang menurunkan titik didih sebagian besar cairan. Seperti halnya distilasi, teknik ini memisahkan senyawa berdasarkan perbedaan titik didih. Menurut salah satu jurnal Indonesia, distilasi vakum digunakan untuk meningkatkan kualitas aroma minyak atsiri atau essential oils. Keuntungan dari distilasi vakum tidak menghasilkan dekomposisi komponen minyak atsiri  sehingga kualitas hasil yang dihasilkan akan lebih baik.

ULVAC sebagai ahli dibidang vacuum technology sejak tahun 1952, kami menyediakan anda Vacuum Distilation / distilasi vakum yang sesuai untuk anda para para penghasil high grade essential oils. 

Sistem distilasi vakum sentrifugal CEH-400B dikembangkan menjadi unit vakum distilasi (Vacuum Distillation) skala kecil yang mampu memproses berbagai produk dengan tingkat produksi yang lebih kecil di lingkungan manufaktur. Ini memungkinkan pemrosesan dalam lot kecil, dengan fungsionalitas yang lebih baik untuk beberapa jenis produksi dengan satu sistem. Pemrosesan dapat dilakukan secara instan pada suhu yang relatif rendah dalam ruang hampa udara , meminimalkan penurunan kualitas dari essential oils tersebut akibat temperature panas yang tinggi.

Jadi apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk kami yaitu Vacuum Distillation (Distilasi Vakum), dapat menghubungi kami di sales@ulvac.co.id atau kunjungi website kami di www.ulvac.co.id