Apakah anda pernah mendengar bahwa salah satu perusahaan operator penyedia air minum untuk wilayah Jakarta memiliki masalah untuk mengurangi angka NRW (Non Revenue Water) ? Berbagai teknologi dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada banyak factor yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah kebocoran pada pipa transmisi dan distribusi. Salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan menginjeksi atau memasukan gas helium kedalam pipa tersebut. Jika gas helium keluar dari dalam pipa hal tersebut mengisyaratkan bahwa ada terjadi kebocoran. Disamping itu, jika anda pernah melihat proses pembuatan tangki gas atau cryo tank, operator akan menyemprotkan gas helim kedalam tangki dan melakukan pengecekan kebocoran.  

Lalu mengapa gas helium yang digunakan untuk pengecekan kebocoran? Salah satu alasannya adalah tingkat kemurnian gas helium dikontrol dengan sangat detail dan menggunakan banyak alat analisis. Helium tidak memiliki warna, tidak berbau, tidak memiliki rasa, tidak beracun dan juga memiliki titik didih dan titik beku terendah bila dibandingkan dengan zat lain. Selain itu juga helium juga lebih ringan dari udara. Untuk beberapa industry yang dimana memiliki standard tinggi untuk produknya, dan beberapa dari mereka juga memiliki regulasi untuk vendornya untuk menggunakan helium dalam metode pengecekan kebocorannya. Beberapa industri tersebut diantaranya industry automotive, air conditioner, elektronik dan masih banyak lagi. 

Lalu pertanyaan lainnya adalah, bagaimana cara menemukan letak kebocorannya ? Tentu saja untuk hal ini kita membutuhkan produk yang dapat mencari letak kebocorannya. Sebagai perusahaan teknologi vacuum yang terdepan, ULVAC menyediakan Helium Leak Detector untuk memberikan solusi untuk anda yang membutuhkan alat pengecek kebocoran. 

 

Apa itu ULVAC Heliot 900 series ? ULVAC Heliot 900 series merupakan Helium Leak Detector yang memiliki yang mampu memompa helium dengan pumping speed paling tinggi dipasaran. Dibuat dengan design yang compact yang dilengkapi dengan wireless tablet controller yang mudah digunakan. Dapat digunakan dengan sniffer mode atau dapat dihubungkan ke PLC Sistem dan dapat digunakan sebagai bagian dari system pengecekan kebocoran.                             

Lalu apa yang ULVAC Helium Leak Detector “Heliot 900 series” dapat tawarkan untuk anda ?

1.       Heliot 900 series memiliki kecepatan pumping speed tinggi yaitu pada 5L/sec pada ultra flow mode. Hal ini dapat mempersingkat waktu untuk background helium untuk drop. Khususnya pada saat pengecekan kebocoran yang sangat kecil. Sensitivitas meningkat ketika pengecekan kebocoran selesai dengan diferensial pumping system. 

2.       Display yang eye friendly, pengoperasian yang simple dan touch screen yang jernih.

3.       Akses panel maintainance yang mudah untuk di lepaskan tanpa peralata. Konfigurasi internal yang dirancang dengan ruang terbuka ditujukan untuk kemudahahan pemeliharaan. 

4.       Dan masih banyak keuntungan lainnya.