Saat kita memutuskan untuk membeli vacuum pump, tentu saja kita mengharapkan vacuum pump tersebut bisa beroperasi dengan baik untuk waktu yang lama. 3 tahun, 5 tahun, atau bahkan 10 tahun. Namun mengapa dalam waktu 2 tahun, masalah mulai terjadi pada vacuum pump yang anda miliki ? seperti muncul suara abnormal dari vacuum pump anda atau bahkan sulit untuk mencapai tekanan vacuum yang diinginkan. Jadi pertanyaannya adalah, apakah saya membeli brand vacuum pump yang salah dan harus menggantinya dengan yang baru ?  Tunggu dulu, sebelum kita menyalahkan produsen vacuum pump tersebut, sebaiknya cek kembali kapan terakhir kali anda melakukan perawatan berkala pada vacuum pump anda.  

Pengecekan berkala atau regular mainantainance vacuum pump merupakan hal yang sangat penting karena bila kita menghiraukannya, masalah / kerusakan sangat mungkin terjadi. 

Masalah yang akan timbul :

Ø  Consumable parts (bearing, grase) akan rusak 

Ø  Mungkin sudah terjadi kerusakan pada vacuum pump 

Ø  Kontaminasi didalam vacuum pump menjadi mengendap

Tergantung dari kondisi penggunaan, setiap vacuum pump membutuhkan perawatan sekalipun kurang dari satu tahun apabila ada masalah terjadi.  Disamping itu, perawatan secara berkala bisa untuk menghindari pengeluaran uang dalam jumlah yang banyak untuk service atau repair vacuum pump, dikarenakan banyak parts yang telah rusak.  Jadi mulai sekarang, sebaiknya anda mulai memprioritaskan perawatan vacuum pump ULVAC anda secara berkala.